Minggu, 20 Februari 2011

Tips cara mencuci dan merawat Sweater Dengan Cara Tepat

Cara merawat sweater
Merawat sweater berbahan halus dan lembut bisa menjadi pekerjaan yang susah-susah gampang. Anda mungkin merasa agak malas untuk mencucinya di binatu. Tapi, Anda juga tidak ingin merusak rajutannya jika mencuci sendiri sweater tersebut di rumah.

Nah, tak perlu khawatir lagi. Sebab, berikut ini sejumlah panduan praktis untuk mencuci sendiri sweater kesayangan Anda secara tepat:
  1. Sebelum mencuci, periksa dulu label sweater Anda. Tujuannya adalah untuk mengetahui dari bahan apa sweater itu terbuat, alih-alih petunjuk perawatan. Meski pun di label tertulis ‘dry clean,’ Anda masih tetap bisa mencuci sweater tersebut dengan tangan jika serat utamanya adalah wol atau kasmir.
  2. Isi ember atau bak cuci dengan air dingin, tambahkan satu sendok makan deterjen ringan bebas zat pemutih. Aduk air untuk membuatnya berbusa. Rendam sweater ke dalam air di ember, lalu aduk sampai terendam seluruhnya. Jangan menggosok atau meregangkan sweater karena dapat merusak bentuk dan seratnya. Diamkan selama 10 menit.
  3. Keluarkan sweater dari dalam air, angkat, lalu tekan dengan lembut (jangan diperas) beberapa kali untuk menghilangkan kelebihan air. Buang air sabun, lalu isi kembali ember tersebut dengan air dingin. Rendam sweater ke dalam air sambil diputar-putar untuk membilasnya. Kosongkan lagi ember dan isi kembali dengan air dingin untuk membilas sweater. Ulangi langkah ini selama beberapa kali sampai tidak ada sisa deterjen pada air bilasan.
  4. Kumpulkan sweater di tangan, lalu tekan dengan lembut untuk membuang airnya. Bentangkan sweater pada selembar handuk putih yang dihamparkan di atas permukaan datar. Bentangkan selembar handuk putih lagi di atasnya, sehingga sweater terjepit di tengah. Setelah itu, gulung erat handuk dari atas ke bawah bersama-sama untuk menyerap sebagian besar air dari sweater.
  5. Buka gulungan tadi, lalu ambil sweater dan bentangkan di atas handuk putih lain yang masih bersih dan kering. Hamparkan di atas permukaan datar yang bebas dari sinar matahari serta panas. Hal ini berguna untuk mencegah wol menjadi rapuh. Bentuk kembali sweater secara perlahan, benahi lengan dan kancingnya jika diperlukan. Biarkan hingga mengering. Untuk menghilangkan garis-garis kusut, balikkan sweater lalu gosok dengan setrika berpanas rendah.

    sumber: rumahwanita.com
Kemeja baju putih pria poloslengan panjang/ pendek
Katalog kemeja baju merk alisan
Harga kemeja baju merk alisan
Ukuran kemeja baju pakian pria
Arti warna baju kemeja pakaian

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...