Saat kaum lelaki ingin mengenakan kemeja bermotif dengan dasi, seringkali mereka mengalami kebingungan saat memadukannya. Jika mereka memadukan kemeja polos maka akan lebih mudah dikombinasikan dengan dasi model apa saja sehingga hasilnya terlihat lebih serasi. Mengenakan kemeja polos dengan dasi yang bermotif garis akan terlihat lebih profesional.


Yang menjadi kendala adalah saat mereka ingin mengenakan kemeja bermotif kotak-kotak kecil atau garis-garis vertikal maka harus mengenakan dasi motif seperti apa. Jadi ada baiknya jika kaum lelaki menyimak trik berikut ini agar tidak salah dalam memilih dasi.


Pertama cara paling aman adalah anda mengenakan dasi polos diatas kemeja yang bermotif. Ini memang cara klasik tetapi tidak akan membuat penampilan anda menjadi aneh.


Yang kedua adalah menggabungkan kemeja bermotif dengan dasi yang bercorak juga. Tetapi anda perlu berhati-hati dalam memadukannya karena bukanlah hal yang mudah. Yang perlu anda perhatikan anda selera dan harmonisasi karena jika kombinasinya kurang sedap dilihat maka akan terlihat buruk.


Jika anda ingin mengenakan dasi yang bermotif dan kemeja yang memiliki garis vertikal atau kotak-kotak kecil maka anda bisa kenakan dasi bergaris tipis. Atau anda bisa kenakan dasi dengan model garis yang agak tebal tetapi jarak garisnya renggang atau berjauhan agar tidak terkesan ramai.


Dasi dengan motif titik-titik kecil atau motif lain dengan bentuk mungil, minimalis seperti kotak, logo kecil, paisley atau segitiga dan letaknya menyebar bisa anda kenakan.


Meskipun corak kemeja dan dasi saling tabrak tetapi bentuk motif yang kecil-kecil akan membuat kombinasi keduanya tetap serasi. Agar paduannya tetap terlihat harmonis maka anda bisa memilih dasi bermotif yang memiliki unsur warna senada dengan warna kemeja atau celana anda. Jika anda mengenakan kemeja berwarna ungu muda bergaris-garis dan celana hitam maka anda bisa memilih dasi bermotif titik-titik kecil yang salah satunya mengandung kedua unsur warna tersebut.


Hal penting yang harus anda perhatikan adalah harmonisasi dan keserasian berbusana secara keseluruhan. Keserasian juga mencakup celana, jas atau jaket yang anda kenakan. Jadi jangan sampai anda mengabaikan salah satu busana yang akan anda kenakan.


Unsur yang paling menentukan adalah warna dan motif. Mengenakan dasi warna cerah dapat membuat setelan warna gelap menjadi lebih hidup. Tetapi mengenakan dasi warna senada akan terlihat aman bagi anda yang menyukai gaya klasik, konservatif dan tidak menyenangi penampilan mencolok.


Untuk dasi bermotif ramai atau bercorak kartun yang dikenakan diatas kemeja bermotif sebenarnya bukan gaya yang tepat bagi seorang lelaki yang memiliki karir profesional.