Rabu, 19 Januari 2011

Tip dan cara memilih pakaian yang tepat saat interview



Ketika interview, Anda dituntut untuk tampil sangat baik dalam segala hal, baik dalam hal bersikap, berpikir maupun penampilan. Keadaan seperti itu dapat Anda jadikan sarana ‘menjual diri’ Anda kepada perusahaan secara langsung. Untuk itu anda harus dapat memberikan kesan sempurna pada para pewawancara. Berikut ini tips untuk dapat menarik hati pewawancara melalui gaya busana Anda:



Tips untuk pria:
1. Gunakan kemeja berwana putih atau biru, netral lebih baik, polos dan berlengan panjang. Baju dimasukan, rapi dan tidak lecek. Kemeja dengan kombinasi pola bergaris juga disarankan. Lengan jangan dilipat, hindarkan menggunakan kemeja menggunakan corak yang terang dan mencolok

2. Gunakan dasi polos atau bermotif garis atau kotak-kotak, sesuaikan pula dengan warna baju dan celana, terikat rapi, tidak longgar dan panjangnya sedikit melewati ikat pinggang.

3. Rambut rapi, berwarna hitam, tidak dicat, panjang rambut belakang tidak melebihi kerah, dan panjang poni tidak menutupi mata. Bila rambut Anda susah diatur gel atau foam untuk memebrikan kesan wet look dapat menciptakan wajah yang segar.

4. Gunakan celana berwarna gelap seperti hitam, abu-abu, coklat. Rapi, ukurannya pas dan warna celana diusahakan lebih gelap dari pakaian. Hitam adalah warna yang sangat aman untuk kasus ini.

5. Menggunakan ikat pinggang polos, berwana gelap dan berbahan kulit atau setara kulit.

6. Sepatu fantofel bermodel klasik berwarna hitam, telah disemir dan bersih, dan menggunakan kaus kaki berwana hitam. Kesan profesional akan timbul dalam diri Anda ditambah akan terlihat gagah dan tinggi.

7. Wajah tercukur bersih, tidak berminyak, tak seperti wanita yang harus berdandan, tetapi kertas minyak saja sudah cukup, tidak berjambang, dan jangan makan permen karet saat wawancara karena menunjukkan ketidaksopanan.

8. Hindari menggunakan Parfum berlebihan karena dapat menganggu penciuman orang-orang di sekitar Anda. Tidak memiliki bau badan, dan bau mulut. Tidak menggunakan anting-anting.

9. Hindari penggunaan cincin selain cincin perkawinan. Kuku-kuku tangan bersih dan pendek untuk kebersihan.

10. Bila ingin membawa tas untuk dokumen, portfolio, atau ijazah Anda, gunakan tas yang simpel dan modle tas dengan desain konservatif. Tentu saja tas tersebut tidak lecek dan butut.


Dari berbagai sumber: conectique.com, tipsanda.com, klikkarir.com, sendokgarpu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...